Kartu Indonesia Pintar (KIP) merupakan salah satu bentuk program pemerintah untuk memberikan program bantuan pendidikan bagi lulusan SMA/SMK yang memiliki potensi akademik yang merupakan dari keluarga kurang mampu.
Beasiswa ini tidak hanya diberikan pada lulusan SMA/SMK pada lulusan tahun 2025 saja. Namun juga akan diberikan kepada mereka yang lulus pada 2 tahun sebelumnya, yaitu tahun 2023 dan tahun 2024. Dengan mendapatkan beasiswa ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan kesempatan kuliah gratis saja, namun mereka juga akan diberikan subsidi biaya hidup setiap bulannya.
STMIK Bina Patria membuka peluang bagi para pemegang KIP Kuliah untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. STMIK Bina Patria memfasilitasi para penerima KIP Kuliah untuk terus mendapatkan haknya mendapatkan kesempatan menggapai masa depannya.
PROGRAM STUDI DI STMIK BINA PATRIA
Kampus yang berlokasi di Jl. Raden Saleh no 2
Magelang, Jawa Tengah untuk kampus 1 dan di jalan Raden Saleh no 7 Magelang,
Jawa Tengah untuk kampus 2. Beberapa program studi di STMIK Bina Patria yang
menerima Beasiswa KIP-Kuliah, antara lain:
D3 manajeman Informatika
S1 Sistem Informasi
S1 Teknik Informatika
JADWAL DAN TATA CARA PENDAFTARAN
BEASISWA KIP-KULIAH
Pada pendaftaran beasiswa KIP-Kuliah ini akan
dibuka mulai tanggal 06 Agustus s.d 15 Agustus 2025. Bagi Anda yang
ingin masuk di STMIK Bina patria melalui jalur ini, segera siapkan berkas dan
kesiapan kalian. Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan kalian sudah
melengkapi berkas persyaratan yang harus diunggah ya.
BERKAS PERSYARATAN KIP-K
Sebelum melakukan pendaftaran sebagai calon
mahasiswa penerima KIP Kuliah pastikan kalian sudah melengkapi syaratnya ya.
Adapaun syarat yang harus diunggah dan dilampirkan adalah sebagai berikut:
1.
Sudah melakukan pendaftaran mahasiswa baru dengan mengisi formulir
pendaftaran mahasiswa baru TA 2025/2026 di STMIK Bina Patria
2.
Scan asli/fotocopy KTP atau surat keterangan domisili yang
ditandatangani oleh kepala desa/kelurahan setempat (jika alamat domisili
berbeda dengan alamat KTP)
3.
Scan asli/fotocopy Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan
keluarga
4.
Menyerahkan pas foto berwarna 3x4 (3 lembar berwarna)
5.
Scan asli/fotocopy SPT tahunan orang tua (jika ada)
6.
Surat pernyataan atas kebenaran isian data yang
ditandatangani oleh ketua RT/RW
7.
Surat pernyataan patuh terhadap peraturan yang ada di STMIK Bina Patria
dan bebas narkoba
8.
Foto rumah tampak depan, ruang tamu, kamar mandi, ruang makan (format
pdf dalam 1 file, maksimal 2 Mb).
9.
Scan asli kartu peserta dan formulir pendaftaran program KIP Kuliah yang
didownload dari SIM KIP K
10. Scan asli/fotocopy legalisir Surat
keterangan lulus dari Kepala Sekolah (bila belum menerima ijazah)
11. Scan asli/fotocopy lijazah yang
dilegalisir oleh Kepala Sekolah
12. Scan asli/fotokopi rapor semester 1
(satu) s.d. 5 (lima) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah
13. Scan asli surat keterangan tentang
prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di kegiatan
ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah (jika ada)
14. Scan asli/fotocopy Kartu Indonesia
Pintar (KIP), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Program Keluarga Harapan (PKH),
bukti terdaftar di BDT Kemensos, kartu miskin Kemensos, dan kartu sejenisnya
(jika ada)
15. Scan asli Surat Keterangan Tidak Mampu
yang telah dikeluarkan hingga kelurahan
16. Scan Surat Keterangan Penghasilan Orang
tua/wali yang diketahui sampai kelurahan (Untuk PNS/Pegawai Swasta melampirkan
slip gaji ditanda tangani oleh kepala/pimpinan instansi atau perusahaan)
17. Screenshot hasil upload pada SIM KIP-K
meliputi Hasil Upload Foto di SIM KIP K (Foto Mahasiswa yang tercantum Status
Sosial Ekonomi DTKS), Hasil Upload Foto di SIM KIP K (Foto Keluarga), Hasil
Upload Foto di SIM KIP K (Foto Rumah Tampak Depan), Hasil Upload Foto di SIM
KIP K (Foto Rumah di Ruang Keluarga), Hasil Upload Berkas di SIM KIP K
(SKTM/KIP/BSM)
Semua berkas yang sudah diunggah harus diserahkan kepada panitia penerimaan mahasiswa baru paling lambat 20 Agustus 2025.
Jangan lupa pastikan bahwa kalian sudah mendaftar di KIP-Kuliah melalui https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.
Buat kalian yang belum mengerti tata cara pendaftaran KIP-Kuliah, yuk simak yang di bawah ini.
1. Lakukan pendaftaran secara mandiri pada sistem KIP-Kuliah pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.
2. Masukkan NIK, NISN, NPSN, serta alamat email yang valid dan aktif ya.
3. Setelah memasukkan NIK, NISN, dan NPSN maka sistem KIP-kuliah akan melakukan validasi kelayakan untuk mendapatkan KIP Kuliah.
4. Jika proses ini berhasil, maka kalian akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang sudah didaftarkan.
5. Setelah itu siswa akan menyelesaikan proses pendaftaran KIP kuliah dan memilih jalur seleksi pada mandiri PTS.
6. Kunjungi laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ untuk memilih STMIK Bina Patria sebagai kampus tujuan.
7. Nah, kalian bisa langsung memilih program studi yang disediakan STMIK Bina Patria.
8. Selanjutnya akan diadakan seleksi dan kalian dinyatakan diterima serta ditetapkan sebagai mahasiswa penerima KIP Kuliah di STMIK Bina Patria.
Sangat mudah kan untuk mendaftarkan di STMIK Bina Patria. Yuk segera gabung bersama kami!
